Sabtu, 29 Oktober 2011

Benarkah Minum Air Putih Bisa Kurangi Jerawat?

Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta, Jerawat adalah masalah yang dihadapi oleh banyak orang dan bisa menurunkan kepercayaan diri. Tapi katanya jerawat ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi air putih. Benarkah begitu?

Sekitar 60-70 persen tubuh manusia terdiri dari air, sehingga jika tubuh kekurangan air maka masalah kecil hingga serius bisa muncul. Termasuk masalah pada kulit yang disebabkan oleh kurangnya asupan air.

Tapi kabar bahwa minum 8 gelas air bisa mengobati jerawat yang muncul tidaklah akurat, hal ini karena belum ada bukti ilmiah yang bisa mendukung ide tersebut, seperti dikutip dari healing.about.com, Jumat (16/9/2011).

Selain itu sebagian besar jerawat disebabkan oleh perubahan atau adanya ketidakseimbangan hormonal, stres serta menumpuknya sel-sel kulit mati, kurangnya menjaga kebersihan dan tersumbatnya kelenjar keringat.

Meski begitu mengonsumsi air yang cukup tetap bisa bermanfaat bagi kulit yaitu menjaga kesehatannya. Hal ini karena setiap sel di tubuh membutuhkan air untuk membantunya tetap terhidrasi dan sehat.

Jika kadar air dalam sel berkurang maka bisa menyebabkan kulit kering dan retak-retak yang membuatnya lebih rentan terhadap bakteri yang memicu terjadinya gangguan kulit. Selain itu kulit kering sangat terkait dengan lebih mudahnya jerawat muncul.

Jika ingin mendapatkan kulit sehat dan halus, maka cobalah mengonsumsi air putih yang ditambah perasan lemon atau jeruk nipis, trik lainnya bisa juga dengan minum air hangat yang ditambah sesendok madu.

Sedangkan untuk wajah berminyak, cobalah menyemprotkan wajah dengan air sebanyak 4-6 kali dalam sehari lalu keringkan dengan handuk untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengurangi produksi minyak.
sumber: http://www.detikhealth.com/read/2011/09/16/075024/1723735/766/benarkah-minum-air-putih-bisa-kurangi-jerawat?ld991107763

Usir Jerawat dengan Manisnya Madu

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Jakarta, Madu selama ini dikenal sebagai salah satu minuman yang bisa menambah stamina dan membuat tubuh tetap bugar. Tak hanya itu, sifat antibakteri yang dimiliki madu juga membuatnya bisa mengusir jerawat dari wajah.

Pada waktu-waktu tertentu selama hidup seseorang, seperti saat pubertas, selama menstruasi dan menopause, hormon menyebabkan kelebihan produksi sebum, yang bila bercampur bakteri bisa menyebabkan jerawat.

Bakteri Proprionibacterium acnes atau P. acnes merupakan strain bakteri yang biasa hidup di kulit manusia tanpa menyebabkan kerusakan pada kulit. Namun bila produksi sebum makin banyak, bakteri ini bisa berkontribusi menginfeksi jerawat.

Sebelumnya telah diketahui bahwa madu bisa digunakan sebagai antibakteri. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of Texas Health Science Center diketahui bahwa madu kaya akan gula, sehingga bisa membantu menciptakan lingkungan yang membuat bakteri tidak dapat bertahan hidup.

Ketika dioleskan pada luka atau infeksi, hidrogen peroksida yang terkandung di dalam madu akan dikeluarkan ke kulit, yang bertindak sebagai antiseptik. Dilansir DermaNetNZ, Sabtu (1/10/2011), hidrogen peroksida yang terbentuk ketika madu diencerkan dapat menyembuhkan luka termasuk infeksi jerawat.

Tidak seperti hidrogen peroksida murni, tingkat antiseptik yang dibuat dalam madu tidak merusak kulit.

Pembentukan hidrogen peroksida bukan satu-satunya manfaat antibakteri yang diperoleh dari madu. Madu juga dapat merangsang kegiatan fagositik dan limfositik, yang merupakan kunci respons sistem imun dalam perang melawan infeksi.

DermaNetNZ merekomendasikan menggunakan madu dari pohon manuka, leptospermum scoparium untuk mengusir jerawat.
 sumber : http://www.detikhealth.com/read/2011/10/01/140403/1734621/766/usir-jerawat-dengan-manisnya-madu?ld991107763

Jerawat di Bokong Sering Muncul Setelah Olahraga

Merry Wahyuningsih - detikHealth
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Tidak sedikit orang yang mengalami jerawat tumbuh di bokong. Panas, keringat dan minyak merupakan faktor yang menimbulkan tumbuhnya jerawat dan paling sering muncul setelah berolahraga bila tidak segera membersihkan diri.

Jerawat yang muncul di bokong dan sekitarnya setelah berolahraga adalah hal yang umum bagi sebagian orang. Jerawat dapat muncul berupa bintik kecil, benjolan merah atau noda yang lebih besar dan mengandung nanah.

Jerawat di bokong secara fisik dan emosional dapat menyakitkan, bahkan kadang-kadang kondisi ini dapat mempengaruhi antusiasme orang untuk melakukan olahraga. Namun manfaat kesehatan yang diperoleh dari olahraga jauh lebih besar ketimbang jerawat dan pada dasarnya jerawat bisa diatasi dengan menjaga kebersihan tubuh.

Paparan panas yang berlebihan, keringat, minyak dan iritasi kulit adalah penyebab utama timbulnya jerawat di bokong, tetapi faktor-faktor lain juga berkontribusi terhadap kondisi ini seperti stres, obat-obatan, produk perawatan kulit dan hormon, menurut American Academy of Dermatology seperti dilansir Livestrong, Sabtu (29/10/2011).

Keringat mengandung racun dan limbah lain. Pakaian yang penuh keringat dan panas selama berolahraga dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat setelah olahraga. Kondisi kulit lainnya mungkin juga terjadi di bokong setelah olahraga akibat jerawat semakin terinfeksi.

Segera membersihkan diri untuk mencegah kelembaban dan berkembangnya bakteri dapat mencegah timbulkan jerawat di bokong. Penggunaan obat-obatan yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide juga dapat mengeringkan jerawat dan membunuh bakteri.

Namun jika jerawat atau luka di bokong menjadi menyakitkan, meradang atau mengandung cairan, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Cairan bisa berupa cairan bening, nanah keputihan atau darah.

Jumat, 28 Oktober 2011

Penyebab dan Gejala Kanker Paru-paru

Irna Gustia - detikHealth
Jakarta, Deskripsi
Kanker paru-paru, seperti semua kanker, merupakan hasil dari suatu kelainan sel, unit paling dasar dari kehidupan. Biasanya, tubuh mempertahankan sistem checks and balances pada pertumbuhan sel, sehingga sel membelah untuk menghasilkan sel-sel baru yang diperlukan. Gangguan terhadap sistem keseimbangan pertumbuhan sel tidak terkendali dan akhirnya membentuk suatu massa yang dikenal sebagai tumor.

Tumor dapat menjadi jinak atau ganas, dan tumor ganas inilah yang disebut kanker. Tumor jinak biasanya dapat dihilangkan dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Tumor ganas, di sisi lain, tumbuh secara agresif dan menyerang jaringan-jaringan tubuh lain, sehingga sel-sel tumor masuk ke dalam aliran darah atau sistem limfatik dan kemudian ke bagian dalam tubuh. Proses penyebaran ini disebut metastasis.

Karena kanker paru-paru cenderung menyebar atau bermetastasis, maka sangat mengancam jiwa. Kanker paru-paru dapat menyebar ke setiap organ di dalam tubuh, terutama kelenjar adrenal, hati, otak, dan tulang. Kanker ini juga salah satu jenis kanker yang paling sulit untuk diobati. Paru-paru juga organ yang paling sering terkena oleh tumor di bagian tubuh lain.

Penyebab
Penyebab utama kanker paru-paru adalah merokok baik karena perokok aktif atau perokok pasif. Sedangkan penyebab lainnya kontaminasi udara sekitar oleh zat asbes, polusi udara oleh asap kendaraan ataupun pembakaran termasuk asap rokok.

Gejala
Kanker tidak menunjukkan gejala apapun yang terlihat dari luar jika pertumbuhan sel belum parah. Sebanyak 25% dari penderita kanker paru-paru, diketahui gejalanya setelah mereka rutin melakukan sinar X di dada atau CT scan. Jika terbukti ada kanker paru maka akan tampak bulatan keci seperti koin.

Gejala yang berhubungan dengan kanker jenis ini antara lain gangguan pernapasan yang menyebabkan gejala seperti batuk, sesak napas, mengi, nyeri dada, dan batuk darah (Hemoptisis).

Jika kanker telah menyerang saraf, misalnya, dapat menimbulkan nyeri bahu yang bergerak di bagian luar lengan (disebut Pancoast sindrome) atau kelumpuhan pita suara menyebabkan suara serak. Invasi kerongkongan dapat menyebabkan kesulitan menelan (disfagia). Jika napas terhambat, menyebabkan infeksi (abses, radang paru-paru) di daerah yang terhambat.

Gejala yang terkait dengan metastasis: Kanker paru-paru yang telah menyebar ke tulang dapat memproduksi rasa sakit luar biasa di tulang. Sedangkan kanker yang telah menyebar ke otak dapat menyebabkan sejumlah gejala neurologis seperti penglihatan kabur, sakit kepala, kejang, atau gejala stroke seperti kelemahan atau hilangnya sensasi di bagian tubuh.

Pengobatan
Pengobatan untuk kanker paru-paru dapat melibatkan operasi pengangkatan kanker, kemoterapi, atau terapi radiasi, seperti halnya kombinasi dari perawatan ini. Keputusan tentang perawatan yang akan layak untuk individu tertentu harus memperhitungkan lokalisasi dan luasnya tumor serta status kesehatan pasien secara keseluruhan.

Seperti kanker lainnya, mungkin akan ditentukan terapi pencabutan atau kanker atau paliatif (tindakan yang tidak dapat mengobati kanker tetapi dapat mengurangi rasa sakit dan penderitaan pasien.

Sumber: medlineplus dan medicinet.

Penyakit Kutu Kemaluan


DATA PENYAKIT, Deskripsi
Kutu kemaluan kecil berkaki enam adalah makhluk yang menginfeksi daerah rambut kemaluan dan bertelur. Kutu ini juga dapat ditemukan di ketiak rambut dan alis. Kutu kemaluan dikenal sebagai Phthirus pubis. Kutu kebanyakan ditemukan pada remaja. Penularan biasanya terjadi selama aktivitas seksual. Namun, hal itu juga dapat terjadi melalui kontak fisik dengan objek yang terkontaminasi seperti toilet kursi, seprai, dan selimut. Beberapa wanita mendapatkan kutu kemaluan ketika mencoba pakaian renang di sebuah toko.

Kutu jenis lain meliputi:
* Tubuh kutu (Pediculus humanus corporis)
* Kutu kepala (Pediculus humanus capitis)

Faktor risiko meliputi:
* Menjadi remaja aktif secara seksual
* Memiliki mitra seksual multipel
* Kontak seksual dengan orang yang terinfeksi
* Berbagi tempat tidur atau pakaian dengan orang yang terinfeksi

Gejala
* Telur (nits) kutu dewasa yang bisa dilihat
* Gatal di daerah kemaluan (seringkali semakin memburuk pada malam hari)
* Reaksi kulit yang kebiruan
* Luka di daerah genital akibat gigitan dan garukan

Perawatan
* Mengeramasi rambut kemaluan dan wilayah sekitarnya sedikitnya selama 5 menit.
* Bilas dengan baik.
* Menyisir rambut kemaluan dengan sisir bergigi halus untuk menghilangkan telur.

Sumber: medlineplus dan UMM.
               http://www.detikhealth.com/read/2009/12/03/111619/1253263/770/kutu-kemaluan


Dikeloni Ibu Sampai Umur 3 Tahun Bagus untuk Jantung Anak

Jakarta, Dalam 3 tahun pertama punya anak seorang ibu lebih dianjurkan untuk tidur dengan bayinya. Menurut penelitian, anak yang tidur dikeloni ibunya sampai umur 3 tahun cenderung memiliki jantung yang lebih sehat.

Anjuran ini disampaikan oleh Dr Nils Bergman, seorang dokter anak dari University of Cape Torn di Afrika Selatan. Dr Bergman juga dikenal sebagai salah satu pelopor gerakan Kangaroo Mother Care, yang menekankan pentingnya kontak fisik antara ibu dan anak.

Dalam sebuah penelitiannya, Dr Bergman mengamati 16 bayi hingga masing-masing berusia 3 tahun. Saat tumbuh dewasa, bayi-bayi yang tidur seranjang dengan ibunya cenderung pnya jantung yang lebih sehat dibanding bayi yang tidur di ranjang terpisah.

Bukan itu saja, bayi yang ditidurkan di ranjang terpisah cenderung mengalami kerusakan di otak yang memicu gangguan perilaku ketika masuk usia remaja. Pengaruhnya di otak salah satunya tampak pada gangguan pola tidur, yakni cenderung tidak pernah nyenyak.

Berbagai penelitian menunjukkan, pola tidur yang tidak baik memang erat kaitannya dengan kesehatan jantung. Ketika seseorang tidak pernah bisa tidur dengan nyenyak, maka jantungnya akan bekerja lebih keras sehingga lama-lama bisa mengalami stres.

Meski demikian, anjuran Dr Bergman agar anak abyi tidur dengan ibunya hingga umur 3 tahun diyakini akan memicu kontroversi. Bukan karena para bapak akan merasa iri, melainkan terkait dengan penelitian sebelumnya yang justru menganjurkan agar bayi tidur di ranjang terpisah.

Penelitian yang dilakukan di Inggris beberapa tahun silam itu menunjukkan, 2 dari 3 kematian bayi terjadi ketika tidur dengan orangtuanya. Hasil penelitian itu menjadi dasar bagi sebagian pakar, untuk menganjurkan agar bayi tidak dikeloni supaya tidak tercekik.

Namun Dr Berman bersikeras bahwa sebaiknya bayi tetap tidur dengan ibunya, karena kontak fisik antara ibu dan anak terbukti baik bagi jantung. Terkait dengan kematian bayi saat dikeloni, ia berdalih bahwa kematian itu tidak secara langsung dipicu oleh sang ibu.

"Ketika ada bayi tercekik atau sesak napas saat dikeloni, kebanyakan bukan karena ada ibunya di situ. Bisa karena faktor lain seperti asap beracun, rokok, alkohol atau bantal-bantal besar yang sering membekap jalan napas," ungkap Dr Bergman seperti dikutip dari Telegraph, Sabtu (29/10/2011).

sumber: http://www.detikhealth.com/read/2011/10/29/080322/1755335/764/dikeloni-ibu-sampai-umur-3-tahun-bagus-untuk-jantung-anak

Psikopat Bisa Dikenali dari Cara Bicaranya

Putro Agus Harnowo - detikHealth

Jakarta, Semua psikopat mungkin tidak sama, tetapi memiliki pola bicara yang sama ketika menceritakan kejahatannya. Ketika menceritakan kejahatannya, psikopat tidak memiliki emosi dan membicarakan sebab-akibat.

Psikopat adalah orang yang mengalami gangguan kepribadian yang ditandai dengan tidak adanya prinsip moral, emosional dan ketidakmampuan untuk menampilkan perilaku normal.

Psikopat cenderung memfokuskan perhatiannya pada kebutuhan dasar seperti makanan, minuman dan uang daripada kebutuhan sosial seperti keluarga atau agama. Bahkan selama diwawancarai, kebanyakan psikopat menceritakan apa yang ia makan di hari ia melakukan kejahatan.

Peneliti di Cornell University menggunakan perangkat lunak untuk menganalisa pola bicara dari 52 orang yang dihukum karena pembunuhan. 14 orang di antaranya memenuhi syarat sebagai seorang psikopat karena mampu merinci kejahatannya. Hasilnya, ke-14 psikopat tersebut memiliki kualitas bicara yang sama.

Dibandingkan dengan 38 orang pembunuh lainnya yang dihukum dalam sampel penelitian, psikopat cenderung menggunakan kata-kata seperti 'karena' atau 'sehingga' untuk menyiratkan bahwa kejahatannya merupakan tujuan yang harus dicapai.

Psikopat juga lebih sering bergumam yang diindikasikan oleh peneliti sebagai upaya untuk menyiratkan kesulitan menceritakan kembali kejahatannya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa psikopat beroperasi pada tingkat primitif namun rasional. Seorang peneliti ingat bagaimana psikopat membuat wawancara menjadi menarik karena kecerdikan dan sifat manipulatifnya yang alami.

"Sulit dipercaya. Anda bisa menghabiskan dua atau tiga jam dan merasa seperti terhipnotis," kata Michael Woodworth, penulis penelitian dan profesor psikologi yang mengkhususkan diri dalam psikopatologi seperti dilansir HuffingtonPost, Kamis (27/10/2011).

Psikopat sering dibingungkan dengan gangguan kepribadian lainnya. Scientific American menulis bagaimana menentukan seorang psikopat atau bukan dan karakteristik gangguannya:

Tes untuk menilai psikopat yang terbaik adalah Psychopathy Checklist-Revised (PCL-R) yang dikembangkan oleh psikolog dari University of British Columbia, Robert D. Hare.

Prosedur ini memerlukan wawancara standar dengan subyek dan pemeriksaan catatannya, seperti catatn kriminal dan riwayat pendidikan. Analisis PCL-R mengungkapkan psikopat mimiliki setidaknya tiga ciri yang tumpang tindih tetapi terpisah, yaitu;
1. Kekurangan interpersonal (seperti kemegahan, kesombongan dan tipu daya)
2. Kekurangan afektif (kurangnya rasa bersalah dan empati, misalnya),
3. Dorongan dan perilaku kriminal (termasuk kejahatan seksual dan mencuri).

Baru-baru ini, sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa para bos empat kali lebih mungkin dikategorikan sebagai psikopat daripada populasi umum. Temuan itu dilaporkan dalam buku berjudul 'Snakes in Suits: When Psychopaths Go to Work'.

Namun jumlah bos psikopat ini masih rendah, yaitu 4 persen dari keseluruhan bos. Dalam kajian ini, sebanyak 1 persen dari populasi umum memiliki kecenderungan psikopat.


sumber: http://www.detikhealth.com/read/2011/10/27/180330/1754298/763/psikopat-bisa-dikenali-dari-cara-bicaranya

Pil KB Darurat Sudah Ada di Indonesia

Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta, Untuk menunda kehamilan atau mengatur jarak kehamilan, pil KB masih menjadi pilihan utama perempuan. Namun pil KB itu harus diminum rutin tiap hari dengan jam yang sama dan tak jarang membuat wanita lupa meminumnya. Bila sudah demikian, ada pilihan pil KB darurat yang sudah tersedia di Indonesia.

Pil KB darurat (Emergency Contraceptives) tersedia di Indonesia dengan merek dagang Pil KB Andalan Postpil. Kontrasepsi darurat ini adalah obat-obatan berisi hormon untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Berbeda dengan pil KB biasa, kontrasepsi darurat tidak perlu digunakan rutin.

"Postpil ini sebenarnya adalah pil KB dosis tinggi. Terdiri dari 2 pil yang mengandung 0,75 mg Levonorgestrel (hormon progestin). Sesuai dengan peraturan, Postpill ini bisa dibeli di apotik dengan resep dokter," jelas Aditya Putra, Brand Manager Andalan dari Yayasan DKT Indonesia saat dihubungi detikHealth, Kamis (27/10/2011).

Menurut Adit, pil KB darurat berfungsi sebagai kontrasepsi darurat apabila terlupa atau gagal menggunakan kontrasepsi reguler (lupa minum pil kb reguler, lupa jadwal suntik, tidak yakin dengan metode kalender atau lupa menggunakan kondom).

"Postpil terdiri dari 2 pil yang masing-masing diminum pada waktu yang berlainan. Pil pertama dikonsumsi selambatnya 72 jam setelah hubungan seks dan gagal kontrasepsi, kemudian pil kedua di konsumsi 12 jam setelah pil pertama dikonsumsi," lanjut Adit.

Waktu rata-rata yang diperlukan untuk terjadinya pembuahan adalah 72 jam. Karena itulah Postpil harus dikonsumsi sebelum pembuahan terjadi.

Adit menjelaskan, Postpil bekerja untuk mencegah pertemuan sperma dengan sel telur dengan cara mengentalkan cairan rahim, sehingga menyulitkan sperma masuk dan tidak terjadi pembuahan.

Jika sudah terjadi pembuahan, maka Postpil tidak efektif lagi. Bila dikonsumsi sesuai aturan (selambatnya 72 jam dan pil kedua 12 jam setelahnya), Postpil memiliki tingkat efektivitas hingga 89 persen untuk mencegah kehamilan.

Namun Postpil tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai kontrasepsi reguler karena efek samping relatif lebih berat ketimbang pil KB reguler. Efek sampingnya antara lain sakit kepala ringan, mual, sedikit nyeri pada payudara, keluar flek, perubahan mood, perubahan pada periode menstruasi. Efek ini bisa berbeda pada setiap orang.

Sama halnya dengan pil KB reguler, penggunaan metode hormonal termasuk Postpil dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, untuk wanita yang memiliki riwayat penyakit jantung, darah tinggi atau diabetes sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

Kerusakan Otak Akibat Ganja Sama dengan Skizofrenia

Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta, Penggunaan ganja secara terus menerus tidak hanya membuat orang kecanduan tetapi juga merusak otak dan tubuh. Studi terbaru menemukan bahwa kerusakan otak akibat ganja sama dengan kerusakan pada orang dengan skizofrenia (gangguan jiwa).

Studi terbaru yang dilakukan peneliti Inggris menemukan bahwa marijuana alias ganja dapat menyebabkan gangguan konsentrasi dan memori yang serupa dengan yang terjadi pada orang dengan skizofrenia.

Dalam studi tersebut, peneliti mengukur aktivitas listrik dari ratusan neuron dalam otak tikus yang diberikan obat yang meniru efek dari ganja, yaitu bahan psikoaktif yang terdapat pada ganja.

Efek obat pada wilayah otak individu cukup halus namun benar-benar mengganggu koordinasi gelombang otak di hipokampus dan korteks prefrontal. Kedua struktur otak tersebut penting untuk memori dan pengambilan keputusan, serta memainkan peran kunci dalam skizofrenia.

"Penyalahgunaan ganja adalah umum di antara penderita skizofrenia dan studi terbaru menunjukkan bahwa bahan psikoaktif ganja dapat menyebabkan beberapa gejala skizofrenia pada partisipan sehat," kata Matt Jones dari University of Bristol, seperti dilansir Healthday, Kamis (27/10/2011).

Menurut Matt Jones, temuan ini penting untuk pemahaman tentang penyakit kejiwaan, yang mungkin timbul sebagai konsekuensi dari 'ketidakteraturan otak' dan bisa diobati dengan menyetel ulang aktivitas otak.

"Hasil ini merupakan langkah maju yang penting dalam pemahaman kita tentang bagaimana aktivitas irama di otak mendasari proses berpikir dalam kesehatan dan penyakit," kata penulis studi Mikhal Kucewicz.

Hasil studi ini telah dipublikasian pada 25 Oktober lalu dalam Journal of Neuroscience.

22 Persen Perokok Pasti akan Mengalami Disfungsi Ereksi

22 Persen Perokok Pasti akan Mengalami Disfungsi Ereksi

Merry Wahyuningsih - detikHealth
 
Jakarta, Rokok sering dianggap suatu tren di dalam pergaulan. Bahkan laki-laki yang tidak merokok dianggap kurang gaul alias cupu. Padahal 22 persen dari perokok pasti akan mengalami disfungsi ereksi atau impotensi.

"Rokok termasuk hal yang tren, jadi orang-orang itu kalau dalam pergaulan yang lain merokok dia nggak merokok dianggap nggak gaul. Orang kalau tidak merasakan sakit dia nggak akan sadar atau nggak mau tahu kalau efek akan muncul. Sifat manusia kan cuek," jelas Dr. Johannes Soedjono, M.Kes., SpAnd, spesialis andrologi dari Unit Kesehatan Reproduksi/Andrologi RS AL Dr Ramelan, Surabaya, disela-sela acara National Symposium and Workshop on Sexology 2011 di Hotel Le Meridien, Jakarta, Jumat (28/10/2011)

Menurut Dr Johannes, meskipun sudah diberikan data bahwa merokok dapat menyebabkan disfungsi ereksi, tetap saja banyak masyarakat banyak yang merokok.

"Mungkin sekarang belum (disfungsi ereksi) tapi nanti pasti terasa. Sekitar 22 persen perokok pasti akan mengalami disfungsi ereksi. Jadi kalau ada 100.000 orang ya 22.000 akan mengalami gangguan ereksi nanti setelah 1 tahun," tegas Dr Johannes.

Dr Johannes menuturkan bahwa disfungsi ereksi terjadi lebih tergantung dari jumlah rokok yang dihisap per hari, bukan lama merokoknya.

"Jadi jumlah per batang per hari itu yang menentukan, kalau lamanya merokok itu tidak menentukan gangguan ereksinya tapi beratnya. Jadi kalau merokok 10 tahun peluang pulih (dari disfungsi ereksi) laginya semakin kecil. Karena pembuluh darahnya sudah kadung rusak. Tapi kalau dia merokok di bawah 5 tahun efek kerusakan belum besar, peluang pulihnya juga semakin besar," lanjut Dr Johannes.

Sasaran utama untuk target berhenti merokok menurut Dr Johannes adalah orang yang merokok antara 6-10 tahun, karena peluang untuk sembuhnya termasuk paling besar, yaitu 2,26 kali lebih besar dibandingkan orang yang sudah merokok diatas 10 tahun.

"Kerusakan belum parmanen, kasusnya sudah banyak, yang menderita sudah banyak, kemungkinan pulih cukup besar karena pembuluh darahnya belum rusak. Untuk perokok 5 tahun ke atas pasti merasa (gangguan ereksi). Yang 78 persen belum tentu, mungkin merokoknya tidak terlalu parah jadi belum merasakan, bukan lama merokoknya tapi jumlahnya," tutup Dr Johannes.

Selasa, 25 Oktober 2011

Konsep Pendidikan Islam

Konsep Pendidikan Islam
Menurut pandangan Islam pendidikan sebagai sebuah proses, berawal dari saat Alloh sebagai Rabb al-‘alamin menciptakan ala mini.Selanjutnya tugas-tugas kependidikan itu dilimpahkan kepada para nabi dan rasul untuk mendidik manusia di muka bumi.[1]Sehubungan dengan hal itu, maka para ahli didik muslim berusaha menemukan kembali pedoman tersebut dengan menyusun konsep pendidikan Islam.
1.      Konsep Tarbiyah
Penggunaan istilah tarbiyah berasal dari kata rabb,yang berarti tumbuh, berkembang, memelihara, merawat, mengatur, dan menjaga kelestarian atau eksistensinya.
Dalam penjelasan lain, kata al-tarbiyah berasal dari tiga kata yaitu:pertama,rabba-yarbu yang berarti bertambah, tumbuh, dan berkembang QS.Ar-Rum/30:39). Kedua, rabiya-yarbu berarti menjadi besar. Ketiga, rabba-yarubbu berarti memperbaiki, menguasai urusan, menuntun, dan memelihara.
Kata rabb sebagaimana yang terdapat dalam QS.Al-fatihah/1:2,mempunyai kandungan makna yang berkonotasi dengan istilah tarbiyah.Sebab kata rabb(Tuhan) dan murabbi (pendidik) berasal dari akar kata yang sama.Berdasarkan hal ini,maka Allah adalah pendidik Yang maha Agung bagi seluruh alam semesta.[2]
Uraian di atas secara filosofis mengisyaratkan bahwa proses pendidikan Islam adalah bersumber pada pendidikan yang diberikan Allah sebagai “pendidik”seluruh ciptaan-Nya termasuk manusia.Kemudian, pendidikan dalam konsep tarbiyah juga lebih menitikberatkan pada pelaksanaan nilai-nilai Ilahiyat (Ketuhanan) yang melambangkan Allah selaku Rabb al-‘alamin.[3]
Dalam konteks yang luas,pengertian pendidikan Islam yang dikandung dalam term at-tarbiyah terdiri atas empat unsur pendekatan, yaitu: memelihara dan menjaga fitrah anak didik menjelang dewasa, mengembangkan seluruh potensi menuju kesempurnaa,mengarah seluruh fitrah menuju kesempurnaan, dan melaksanakan pendidikan secara bertahap.[4]
2.       Konsep at-Ta’lim
Menurut Rasyid Ridha,ta’lim berarti proses transmisi berbagi ilmu pengetahuan pada jiwa individu.argumnetasinya merujuk pada ayat:
“Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui.”
Pada ayat tersebut dipaparkan bahwa Rasulullah tidak hanya membuat umat islam bisa membaca,tapi juga membawa mereka pada pensucian diri sehingga memungkinkan untuk menerima hikmah dan segala yang bermanfaat untuk diketahui.Untuk itu,makna ta’lim tidak hanya sekedar pengetahuan teoretis tetapi juga membawa pada konsep perilaku (amal).[5]
Sebenarnya, konsep at-ta’lim tidak lepas dari nilai-nilai Ilahiyat Karena pada dasarnya setiap ilmu yang ada bersumber dari Alloh SWT.Dari sini,dapat disimpulkan bahwa konsep at-ta’lim mengandung tiga tujuan utama.[6] Pertama, membimbing dan mengembangkan potensi intelektual manusia hingga mampu menguasai ilmu pengatahuan dan teknologi, dengan melakukan kajian terhadap takdir dan sunnatullah.kedua,menebarkan produk iptek tersebut bagi kemaslahatan hidup manusia. Ketiga,bermohon kepada Tuhan kiranya hasil iptek yang dimanfaatkan itu diterima sebagai bagian dari pengabdian pada Tuha
 
3.      Konsep at-Ta’dib
Konsep at-ta’dib merujuk pada sabda Rasul:
ادبني ربي فاحسن تاْدبي
“Aku dididik oleh Tuhanku,maka ia memberiku sebaik-baiknya pendidikan”
Kata addaba dalam hadis diatas dimaknai al-Attas sebagai ”mendidik”.Selanjutnya ia mengemukakan  bahwa hadis tersebut bisa dimaknai dengan “Tuhanku telah membuatku mengenali dan mengakui adab yang dilakukan berangsur-angsur ditanamkan-Nya kepada diriku,tempat-tempat yang tepat bagi segala sesuatu di dalam penciptaan, sehingga hal itu membimbingku ke arah pengenalan dan pengakuan tempat-Nya yang tepat di dalam tatanan wujud dan kepribadian,serta -sebagai akibatnya- Ia telah membuat pendidikanku yang paling baik”.[1]
      Dalam konsep at-ta’dib ini ,Alloh SWT ditempatkan sebagai Pendidik Yang Maha agung yang kemudian mendidik rasul saw,dengan sistem pendidikan yang terbaik,hingga menempatkan Rasululloh sebagi tokoh pendidik utama sekaligus menganugerahkan sifat-sifat utama yaitu shiddiq,tabligh,amanah, dan fathonah. Semua itu menggambarkan kesempurnaan pribadi Rasulullah sebagi sosok panutan serta bagaiman kaum muslimin menyikapi diri dalam meneladani perilaku beliau.
Pernyataan-pernyataan di atas setidaknya menyiratkan makna bahwa muatan pendidikan dalam konsep ta’dib lebih di titik pada pembentukan nilai-nilai akhlak.Akhlak menyangkut hubungan antara makhluk hidup dengan Khaliq, dan hubungan antarsesama makhluk atas dasar ketentuan yang diridhai Khaliq.Dengan demikian seseorang yang dikategorikan sebagai pribadi yang berakhlak adalh mereka yang mampu memfungsikan dan memerankan diri dalam pergaulan dengan sesama makhluk dalam semua bidang kehidupan berdasarkan ketentuan hokum-hukum Allah selaku Khaliqnya.
Dalam konteks ini terlihat bahwa hubungan antara konsep at-tarbiyah, at-ta’lim,dan at-ta’dib. Ketiganya menggambarkan konsep pendidikan Islam secara hakiki.ketiga konsep ini menunjukkan hubungan teologis (nilai tauhid) dan teleologis(tujuan)dalam pendidikan Islam.Hubungan teologis ditampilkan pada keterikatan manusia sebagai objek dan subjek pendidikan kepada nilai-nilai Ilahiyat.adapun hubungan teleologis digambarkan oleh tujuan dari pendidikan islam ,yaitu membentuk akhlak, sosok insan kamil sebagai pengabdi Allah tanpa pamrih(istislam).Keduanya menyatu pada satu tujuan yang sama,yakni pengabdian pada Allah.



[1] Samsul Nizar.Filsafat Pendidikan Islam. Pendekatan…,30
 




[1]  Jalaludin.Teologi Pendidikan  (Jakarta:PT Raja Grafindo Persada,2001), hal 114
[2] Samsul Nizar Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis,Teoretis,dan praktis (Jakarta;Ciputat Press,2002), hal 25-26
[3]  Jalaludin.Teologi…,122
[4] Samsul Nizar.Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan…,26
[5] Ibid,28
[6] Jalaludin.Teologi…,138

Selasa, 04 Oktober 2011

Sejarah Hadist pada masa Sahabat

       Hadist pada masa Sahabat

Piriode kedua sejarah perkembangan hadist adalah pada masa sahabat, khususnya masa Khulafa Al-Rasyidin (Abu bakar, Umar bin Khattab, Usman bin affan, Ali bin Abi thalib) Yang berlangsung sekitar tahun 11 H Sampai dengan 40 H.
1.    Menjaga pesan Rosulullah Saw
Pada masa menjelang akhir kerosulannya, Muhammad Saw, berpesan kepada para sahabat agar berpegang teguh pada Al-qur’an dan hadist serta mengajarkan kepada orang lain sebagai mana sabda beliauyang artinya : ”Telah aku tinggalkan untuk kalian 2 macam yang tidak akan sesat bila berpegangan kepada keduanya, yaitu kitap Allah (Al-qur’an) dan sunahku” (H.R Malik) 
Serta sabdanya yang lain :




Artinya : ”Sampaikanlah olehmu apa yang berasal dariku,kendati hanya satu ayat”

Jadi, kesimpulannya pesan-pesan Rosulullah sangat mendalam pengaruhnya kepada para sahabat, sehingga sehingga segala perhatian hanya tercurah semata-mata untuk melaksanakan dan memelihara pesan-pesannya, dan kecintaan para sahabat kepada Rosulullah Saw dibuktikan dengan melaksanakan segala yang di contohkannya.
2.    Berhati-hati dalam meriwayatkan
Kehati-hatian dan membatasi periwayatan dilakukan oleh para sahabat, karena mereka khawatir terjadi kekeliruan. Oleh karena itu para sahabat khususnya Khulafa Al-Rasyidin dan sahabat lain, seperti Al-Zubair, Ibnu Abbas dan Abu Ibaidah berusaha memperketata perawiaan dan penerimaan hadist.
Pada waktu itu menurut Muhammad bin Al-Dzahabi, Abu bakar adalah sahabat yang pertamakali menerima paling hati-hati. Diriwayatkan oleh Ibnu shihab dari Qabishh bin Ziaaib, bahwa seorang nenek bertanya kepada Abu Bakar tentang warisan untuk dirinya. Ketika ia menjawab bahwa hal itu tidak ditentukan hukumnya baik dalam Al-qur’an maupun hadist. Abu bakar lalu bertanya kepada para sahabat. Al-Mughiroh bin Syuaib menyatakan kepada Abu bakar bahwa Rosulullah Saw memberinya waris kepada nenek sebesar seperenam (1/6), namun Abu bakar kemudian meminta supaya Al-Mughirah mengajukan saksi terlebih dahulu baru kemidian hadistnya diterima.
3.    Periwayat hadist dengan lafad dan maknanya
Ada dua jalan para sahabat meriwayatkan hadist dari Rosulullah Saw. Pertama dengan periwayad lafad (redaksinya prsis apa yang disampaikan Rosul Saw ) dan kedua dengan jalan periwayat maknawi (maknanya saja)



          



Sejarah Hadist pada masa Tabi’in

       Hadist pada masa Tabi’in

Pada dasarnya periwayatan yang dilakukan Tabi’in tidak berbeda dengan yang dilakukan oleh para sahabat.Dikarenakan mereka mengikuti jejak para sahabat yang menjadi guru mereka. Dipihak lain para sahabat ahli hadis telah menyebarkan ke beberapa wilayah kekuasaan Islam, sehingga para Tabi’in dapat memepelajari hadis dari mereka.
Ketika pemerintahan dipegang oleh Bani Umayah.Wilayah kekuasaan Islam telah meliputi Mesir, Persia, Irak, Afrika Selatan, Samarkand dan Spanyol disamping Madinah, Makkah, Basrah, Syam dan Kharasan. Pesatnya wilayah kekuasaan menjadi masa ini dikenal dengan masa penyebaran periwayatan hadis.
1.    Pusat-pusat pembinaan Hadis
Tercatat ada beberapa kota yang menjadi pusat pembinaan dalam periwayatan hadis sebagaitempat tujuan para Tabi’in dalam mencari hadis diantaranya Madinah, Mekkah, Kufah, Basrah, Syam, Mesir, Magrib, Andalas, Yaman dan Kharasan. Dari diantara periwayatan pada pada kota tersebut ada beberapa yang tercatat meriwayatkan hadis cukup banyak antaralain Abu Hurairoh, Abdullah bin Umar, Aisyah, Abdullah bin Abbas, jabir bin Abdillah dan Said Al-Khudzir.
a.    Madinah
Pusat pembinaan pertama terletak di kota Madinah karena disinilah Rosulullah Saw menetap setelah Hijrah dan juga disinilah beliau membina masyarakat Islam.Para sahabat yang menetap disini diantaranya Khulafa ar-Rasyidin, Abu Hurairoh, Siti Aisyah, Abdullah bin Umar, dan Abu said Al-Khadzi, serta para embesar Tabi’in seperti Said bin Al- Musayyib, Urwah ibn al- Zubair, Ibn Syihab al-Zuhri.
b.    Makkah
Sahabat yang di sana antara lain Mu’az bin Jabal,Abdullahibn’abbas dan para Tabi’in yang tinggal di Mekkah yaitu Atha ibn abi Rabah, Mujahid ibn Jabr, Thawus ibn Kisan.
c.    Kufah
Banyak sahabat yang datang di Kufah. Utamanya di masa Umar bin Khattab ketika menaklukkan Irak. Di anatara sahbat Nabi yang tinggal di Kufah adalah Sa’ad ibn Abu Waqash, Sa’id ibn Zaid ibn ’Amr ibn Nufail, Abdullah ibn Mas’ud. Sementara itu Tabi’in yang ada di sana Amir ibn Syurahbil al-Sya’bi, Sa’id ibn Jabir al-Asasi, Ibrahim al-Nakha’i.
d.   Bashrah
Sahabat Nabi yang melewat dan tinggal di Bashrah antara lain Anas ibn Malik, Abu Musa al-Asy’ari, Abdullah ibn Abbas.Tabi’in hasil ddidikan para sahabat di san antara lain Hasan al-Bishri, Muhammad ibn Sirin.
e.    Mesir
Sahabat nabi yang meriwayatkan hadis antara lain Abdullah ibn’amr, Uqbah ibn Amir Al-Juhanni, Kharijah ibn Hadzafah. Tabi’in hasil didikan mereka antara lain Yazid ibn abi Hasib, Umar ibn Al-harits.
f.     Syam
Sebagai diketahui Syam adalah wilayah kekuasaan Mu’wiyah ketika ia menjabat jadi gubernur di sana. Maka tidak mengherankan bahwa disana terdapat banyak sahabat diantaranya Yazid ibn abi Sufyan, Ubadah ibn Shamit, Abu darda. Tabi’in yang meriwayatkan hadis dari para sahabat antaralain Salim ibn Abdillah al- Maharibi, Abu idris al-Khaulani, Abu sulaiman al-Darani.
2.    Pergolaan politik dan pemalsuan Hadist
Memasuki piriode Tabi’in, sebenarnya kekhawatiran membukukan/kondifikasi hadis sebagai yang dirasakan pada piriode sahabat tidak perlu terjadi. Justru pada piriede Tabi’in telah bertaburan hadis-hadis palsu. Hadis palsu mulai bermunculan setelah ummat Isalm terpecah menjadi golongan-golongan, yang mulanya berorientasi politik, berubah menjadi paham keagama, seperti Khawarij, Syi’ah, Mujiah, dan lain-lain. Perpecahan itu terjadi sesaat setelah peristiwa takhim ( antara Ali dengan pihak Muawiyah) yang merupakan rentetan peristiwayang berasal dari terbunuhnya Khalifah III, Usman. Untuk mengukuhkan ekstensi masing-masing golongan, mereka perlu menciptakan hadis palsu, uantuk mendukung politik masing-masing kelompok.

baca juga :   Sejarah Hadist pada masa Nabi 
                   Sejarah Hadist pada masa Sahabat
              

Sejarah Hadist pada masa Nabi

               Hadist pada masa Nabi

Kalau kita membicarakan tentang hadist pada masa Rosulullah kita membicarakan hadist dalam masa kemunculan nya. Semua yang berupa perkataan, perbuatan dan ketentuan beliau dijadikan pedoman kedua bagi para sahabat.
Pada masa Nabi hadist bisa muncul atau terjadi dalam beberapa sesi atau bentuk diantaranya :
1.    Suatu kejadian yang terjadi sendiri pada Nabi kemudian dijelaskan langsung pada sahabat beserta hukumnya.
2.    Kejadian yang dialami sahabat, yang menglami masalah kemudian ditanyakan solisinya kepada Nabi.
3.    Semua amal perbuatan dan tindakan Nabi yang disaksikan langsung oleh sahabat dan kemudian disampaikan kepada yang lain.

Hadist dimasa Nabi umumnya diingat dan dihafalkan oleh para sahabat dan secara resmi pula nabi melarang untuk menulis hadist, karena kekhawatiran Nabi akan tercampurnya antara hadist dan Al-qur’an. Kekhawatiran itu dikarenakan Al-qur’an dan hadist sama-sama berbahasa arab dan disampaikan melalui lisan Rosulullah sendiri.Banyak hadist yang melarang para sahabat untuk menulis hadist, diantaranya:






Artinya : Abu Sa’id al-khudri meriwayatkan bahwa Rosul Saw bersabda,”Janganlah engkau tulis dari padaKu, barang siapa menulis dari padaKu selain Al-qur’an maka hapuslah.Riwayatkanlahdari saya barng iapa yang sengaja berbohong atas nama saya maka tempatnya di neraka.”

Hadist diatas menjelaskan kalimat yang disampaikan oleh Nabi selain Al-qur’an dilarang untuk menulis.Diantara para sahabat banyak yang memper selisihkan hadist diatas karena bertentangan dengan hadist lain yaitu yang artinya : Lantulah kepadamu dengan tanganmu.
Solusi yang diambil sahabat tentang hadist diatas yaitu, hadist pertama muncul karena pada masa Nabi banyak sahabat yang belum lancar untuk menulis hadist yang nyatanya sahabat banyak yang menghafalkan dari pada menulis.
Sedangkan hadist kedua muncul karena ada salah satu dari sahabat yang hafalannya kurang kuat yaitu seorang laki-laki dari Yaman bernama Abu Syah. Maka dapat disimpulakan bahwa hadist padamasa Nabi ada kalanya yang ditulis dan ada yang dihafal saja. Hal ini menyangkut dari kemamapuan sahabat masing-masing. 




bacaan terkait: Sejarah Hadist pada masa Tabi’in

                       Sejarah Hadist pada masa Sahabat