Kamis, 01 Desember 2011

Teori –Teori Pokok Belajar

Teori pokok belajar dapat di pahami sebagai prinsip umum yang saling berhubungan dengan pristiwa belajar.tedapat beberapa macam teori yang   menonjol yaitu:
1) Teori Koneksionisme
Teori ini adalah teori yang di temukan dan dikembangka oleh edwr l. Thorndike berkesimpulan bahwa belajar adalah hubungan antara stimulus dan respon dan hal ini harus dibarengi dengan efek positif dan memuaskan yang akan menambah kuatnya hubungan stumulus dengan respon.
2) Teori Pembiasaan Klasik
Teori ini hasil dari experimen yang dilakukan oleh Ivan Pavlov seorang ilmuwan besar rusia, yang mengemukakan pada dasarnya clasical conditoning adalah sebuah prosedur penciptaan refleks baru dengan cara mendatangkan stimulus sebelum terjadinya refleks tesebut.
3) Pembiasaan Perilaku Respons
Teori ini mengemukakan bahwa tingkahlaku itu terbentuk konsekuensi konsekuensi yang dibentuk oleh tingkah laku itu sendiri.
4) Teori Pendekatan Kognitif
Teori psikologis kognitif adalah bagian terpenting dari sains kognitif yang telah memberi kontribusi yang sangat berarti pada perkembangan psikologi pendidikan.pendekatan teori psikologis kognitif lebih menekankan arti penting proses internal, mental manusia.dalam pandangan para ahli kognitif tingkah laku manusia yang tampak tak dapat diukur dan diterangkan tanpa melibatkan proses mental, seperti motivasi, kesenjangan, keyakinan dan sebagainya.[1]


[1] Ibid., 105-111.

3 komentar:

  1. terima kasih banyak untuk informasinya, salam kenal dan salam sukses untuk kita semua :)

    BalasHapus
  2. terima kasih banyak informasinya. sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  3. setiap saya membaca di blog ini, artikel-artikelnya sangat bermanfaat sekali. terima kasih banyak untuk informasinya

    BalasHapus