Minggu, 02 Januari 2011

Remedial teaching

Remedial teaching
Remedial
Remedial berasal dari kata remedy yang berarti obat memperbaiki remedial merupakan suatu system belajar yang dilakukan berdasarkan diagnosis yang komperhensif (menyeluruh) yang dimaksudkan untuk menemukan kekurangan-kekurangan yang dialami peserta didik dalam belajar sehingga dapat mengoptimalkan belajar.
Tujuan remedial:
1. agar siswa dapat memahami dirinya khususnya pada kelemaahannya .
2. dapat memperbaikia vara belajar menjadi lebih baik.
3. agar siswa dapat memilih fasilitas belajar secra tepat.
4. agar siswa dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan yang dapat mendorong tercapainya hasil yang lebih baik.
Kelompok siswa yang masuk dalam pembelajaran remidial:
1. kemampuan mengingat relatif kurang.
2. Perhatian yang sangat kurang dan mudah terganggu dengan sesuatu disekitarny Pada saat belajar.
3. Kemampuan memehami secara menyeluruh relatif lemah.
4. renadah diri dan Kurang percaya diri.
5. Kurang dalam motifasi belajar.
6. Lemah dalam memecahkan suatu masalah.
7. Sering gagal dalam menyimak suatu gagasan dari suatu informasi.
8. Mengalami kesulitan dalam memahami suatu konsep yang abstrak.
9. Gagal menghubungkan suatu konsep dengan konsep yang lain yang relavan.
10. Memerlukan waktu yang lama/ waktu yang relatif lebih lama dari yang lainnya dalam menyelesaikan tugas.
fungsi pengajaran remedial adalah:
a. fungsi kolektif
melalui pengajaran remedial dapat dilakukan perbaikan pada hal yang dipandang belum memenuhi apa yang diharapkan dalam kesluruhan proses belajar.
b. Fungsi pemahaman
a. memungkinkan guru,siswa dan pihak-pihak lain memeprmudah pemehaman yang lebih baik.
b. peneglolaan kelas yang baiksehingga murid dapat mengembembangakan kecakapan sendiri dan tidak tergantungpada ornag lain.
c. Mengizinkan murid untuk ikut berpartisipasi atas pengelolaan kelasnya.
d. Pengelolaan ekelas yang baik menghasilkan murid yang baik terhadap kelasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar