Selasa, 04 Januari 2011

CLASROOM MANAGEMENT

CLASROOM MANAGEMENT
Pengelolaan kelas adalah ketrampilan guru unntuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya apabila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar.
Jadi pengelolaan kelas yaitu kegiatan unntuk menciptakan dan mempertahankan, mislanya penghentian tingkah laku siswa yang menyelewengkan perhatian kelas pemberian ganjaran baik ketetapan waktu penyelesaian tugas oleh siswa, penetapan norma kelompok yang produktif.
Kegiatan belajar yang optimal dapat tercipta jika guru mampu mengatur siswa dengan saran pengajaran serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran pengelolaan kelas yang efektif merupakan pasyarat mutlakk bagi terjadinya proses belajar mengajar yang efektif.
Ada beberapa prinsip penggunaan ketrampilan mengelola kelas yaitu:
a. Kehangatan dan ketrampilan
Guru dapat memudahkan terciptanya iklim kelas yang menyenangkan yang merupakan salah satu syarat bagi terciptanya kegiatan belajar yang optimal.
b. Tantangan
Penggunaan kata atau bahan yang menantang akan meningkatkan gairah siswa untuk belajar sehingga mengurangi kemungkinan munculnya tingkah laku yang menyimpang.
c. Bervariasi
Penggunaan alat/media, gaya dan inetraksi belajar mengajar yang bervariasi merupakan kunci tercapainya pengeolaan kelas yang efektif dan menghindari kejenuhan.
d. Keluesan
Keluesan tingkah laku guru untuk mengubah strategi mwngajarnya dapat menncegah kemungkinan munculnya gangguan siswa serta menciptakan iklim belajar mengajar yang efektif.
e. Penekanan pada hal yang positif
Pada dasrnya ldalam mengajar dan mendidik guru harus menekankan hal-hal yang positif dan mengdari pemusatan siswa pada hal yang negatif
f. Penanaman disiplin diri
Pengembangan disiplin diri sendiri oleh siswa merupakan tujuan akhir dari pengelolaan kelas untuk itu gruru harus selalu mendorong siswa untuk membiasakan disiplin diri dan guru sendiri.
Adapun tujuan pengelolaan kelas adalah siswa agar siswa dapat belajar dengan tertib sehiingga tujuan pengajarannya tercapai secara efektif dan efisien.
Adapun pengelolaan kelas yang baik seperti yang dikemukakan oleh john joralmet dan clifurd ofosta adalah:
- Pengelolaan kelas yang baik mempertanggungjawbakan perkembangan mental dan sosial murid.
- Memeberi kebebasan inneteltualitas fisik dalam karakter yang ditentukan.
- Memungkinkan pencapaian tujuan instruksiona.
- Mengizinkan kepada murid untuk ikut berpartisipasi atas pengelolaan kelas.
- Mengizinkan kepada murid untuk mengembangkan kecakapan sendiri dan tiddak tergantung pada oran lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar