Minggu, 02 Januari 2011

Pembelajaran akselerasi

Pembelajaran akselerasi
Definisi akselerasi
Menurut Col Anggelo istilah akselerasi menunjukkan pada pelayanan yang diberikan dan kurikulum yang disampaikan sebagai model pembelajajaran akselerasi termasuk meloncat kelas, mengikuti pembelajaran tertentu pada kelas diatasanya, sehingga pemebelajaran akselerasi mempercepat bahan ajar dari yang dikuasai siswa saat itu.
Syarat-syarat akselerasi

- IQ diatas 125 bagi siswa yang kurang menunjukkan prestasi akademik.
- Memiliki fisik sehat
- Bebas dari problem emosional dan sosial.
Manfaat akselerasi:

- Meningkatkan efisiensi.
- Meningkatkan efektifitas siswa yang terkait pada tingkat kelas yang dipersiapkan dan menguasai ketrampilan sebelumnya merupakan siswa yang paling efektif.
- Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendidik anak berbakat.
- Membuka siswa pada kelompok barunya siswa dimungkinkan untuk bergabung dengan siswa lain yang memiliki kemampuan intelektual dan akademis yang sama.
- Meningkatkan waktu untuk berkarir
- Adanya waktu belajar berkurang akan meningkatkan produktifitas penghasilan siswa dan kehidupan pribadinya.

Kelemahan akselerasi menurut sortharm dan jones:

a. Segi akademik
1. Bahan ajar terlalu tinggi bagi siswa akselerasi.
2. Bisa jadi kemampuan siswa akse;erasi yang terlihat melebihi temannya hanya bersifat sementara.
3. Siswa akselerasi kemungkinan imatur secara sosial fisik dan emosional dalam tingkatan kelas tertentu.



b. Segi penyesuaian sosial
1. Siswa akan didorong untuk berfikir sehingga mereka kekurangan waktu untuk beraktifitas dengan sebenarnya.
2. Siswa sekelasnya yang lebih tua tidak mungkin setuju memberikan perhatian kepada yang lebih muda usianya.
3. Siswa sekelasnya yang lebih tua mungkin akan menolaknya.

c. Berkurangnya kesempatan kegiatan ekstra kulikuler.
Referensi (reni kabar hawadi akselerasi, gramemdia widiasarana indonesia jakarta:2004)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar