Minggu, 02 Januari 2011

Faktor faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran

Faktor faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran

Faktor yang dapat memepengaruhi proses pembelajaran diantaranya faktor guru, siswa sarana dan alat yang tersedia serta faktor lingkungan

1. faktor guru
gurur adalah komponen yang sangat menentukan dalam implementasi suatu strategi pembelajaran, meski bagus dan idealnya suatu strategi, tanpa guru tidak mungkin hal itu dapat diaplikasikan. Keberhasilannya tergantung kepiawaiannya.
2. Faktor siswa
Siswa suatu organisme unik yang berkembang sesuai perkembangannya yang merupakan perkembangan seluruh aspek kepribadiannya. Proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh perkembangan anak yang tidak sama.
3. Faktor sarana dan prasarana
Sarana adalah segala sesuatu yang mendukung secara langsung terhadap kelancaran proses pemmbelajaran, sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang secara tidak langsung dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran.
4. Faktor lingkugan
Dilihat dari dimensi lingkungan ada dua faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran yaitu fakor organisasi kelas yang didalamnya meliputi jumlah siswa didalam kelas yang dapat mempengaruhi belajar, organisasi kelas yang terlalu besar akan kurang efektif untuk suatu masalah, menjawab memahami, pengetahuan siswa serta membuat suatu keputusan.


Ada jenis pembagian yang lain yaitu:
1. Faktor internal
a. Faktor fisik
- Kelelahan
- Cacat fisik

b. Faktor psikis
- Bakat, minat, intelegensi, motivasi.


Faktor lingkungan:

b. Keluarga:
- pola asuh
- ekonomi
- orang tua
c. sekolah:
- guru
- kurikulum
- metode
- sarana dan prasarana
d. masyarakat:
- kulture
- keterlibatan dalam masyarakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar