Selasa, 04 Januari 2011

Pengembangan variasi startegi belajar mengajar (dasar, tujun, dan manfaat)

Pengembangan variasi startegi belajar mengajar (dasar, tujun, dan manfaat)
Pengelolaan pengajaran adalah kegiatan mengajar itu sendiri yang melibatkan secra langsung komponen materi pengajaran metode pengajaran dengan alat bantu pengajar dalam rangka pencapaian tujuan pengajaran.
Sedangkan pengelolaan kelas yaitu penciptaan kondisi yang memungkinkan pengelolaan pengajaran dapat berlangsung secara optimal secara sederhana.
Permasalahan dalam pengelaolaan kelasa dapat dibagi menjadi dua:
1. Masalah yang bersumber dari siswa.
2. Masalah yang bersumber dari kondisi tempat belajar.
Maka perlu kehati-hatian dalam menganal apakh suatu masalah itu individu atau kelompok atau malah sebaliknya suatu masalah kelompok hanya menampakkan sebagai masalah individu.
Dibawah ini membahas pendekatan yang membahas teknik dan komponen dalam mengelola kelas:
1. Pendekatan modifikasi prilaku.
Bahwa tingkah laku manusia yang baik maupun yang buruk pada ingkatan tertentu merupaka hasil belajar.
2. Pendekatan iklim sosial emosional.
3. Pendekatan proses kelompok.
Tujuan dan manfaat pengelolaan kelas:
a. Mendorong dan memeratakan partisipasi.
b. Mengusahakan berkompromi.
c. Mengurangi ketegangan.
d. Memperjelas komunikasi.
e. Mengatasi pertentangan antar pribadi atau kelompok.
f. Menunjukkan kehadiran.
g. Menerapkan sanksi.
Referensi: Drs. JJ hasibun Dip Ed ibrahim Mse dkk proses belajar mengajar bandung CV Remadya karya 1983.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar