Kamis, 23 Desember 2010

ASAL-USUL BANGSA ARAB

ASAL-USUL BANGSA ARAB
Bangsa Arab termasuk ras atau rumpun bangsa Caucasoid dalam sub ras Mediteraniean yang anggotanya meliputi wilayah sekitar Laut Tengah, Afrika Utara, Armenia. Arabia dan irania. Bangsa Arab menurut silsilahnya berakhir pada Sam bin Nuh dimana darinya muncul bangsa Babilonia Khaldea. Asyuria, Ibrani, Phunisia, Aram dan Habsyi. Kecuali bangsa Arab bangsa ­bangsa keturunan Sam bin Nuh atau rumpun Semit ini sehagian besar sudah lenyap dan tidak dikenal lagi. Bangsa Arab terbagi atas dua kelompok yaitu Arah Baidah dan Baqiah. Arab Baidah adalah bangsa Arab yang sudah punah jauh sebelum Islam datang seperti kaum Ad, Tsamud, Jadis dan Thasm. Mereka tidak banyak diketahui riwayatnya kecuali dari kitab suci agama samawi atau diungkap oleh syair-syair Arab. Riwayat kaum Ad misalnya sebagaimana dikutip oleh Muhtar Yahya, pernah mendirikan sebuah kerajaan di Ahqof ( bagian selatan Jazirah Arab ) kira-kira tahun 2000 SM, semasa dengan kerajaan Khaldea (Babilonia Lama) di Mesopotamia Selatan. Kaum ini telah mencapai peradaban yang maju menurur ukuran zamannya dalam hal-hal pengolahan tanah, industri dan kerajinan. Begitu juga kaum Tsamud pernah mencapai kejayaan kira-kira pada tahun 1900 SM dengan mendirikan kerajaan di Wadi AI­ Qura (Hijaz utara) dengan menguasai wilayah dari Tabuk di utara sampai Al Ula di selatan. Merekapun telah mencapai peradaban yang maju dalam bertani, beternak, dan mernbuat kerajinan. Bahkan karena letaknya yang strategis diantara jalur perniagaan internasional saat itu (Barat, Mesir dan Persia), maka banyak diantara penduduknya menjadi saudagar ulung.

Arab Baqiah adalah bangsa Arab yang masih berkembang sampai saat ini. Bangsa Arab Baqiah terdiri dua kelompok yakni Arah `Aribah dan Arab Musta` ribah atau Muta'arribah, Arab 'Aribah disebut dengan Qohthaniyah yang bernenek moyang pada Qahthan, atau disebut juga dengan Yamaniyah karena bertempat tinggal di Yaman bagian selatan dari jazirah Arab. Sedang Arab Musta'ribah di sebut dengan Adnaniyyun, Nizariyyun atau Ma'adiyyun karena keturunan dari Adnan, Nizar atau Ma'ad yang mendiami wilayah utara jazirah Arab. Bangsa ini di sebut juga dengan Ismailiyah karena merupakan keturunan dari Ismail Ibn Ibrahim. 
Namun ada juga yang membagi bangsa Arab menjadi tiga kelompok yaitu pertama Arab Aribah, yang metiputi kaum Ad, Tsamud, Thasrn. Kedua Arab Muta'arribah; yaitu Qahthaniyyah dan ketiga Arab Musta'ribah; yaitu Arab Adnaniyah. Arab Qahtaniyyah menurunkan kabilah Jurhum dan Ya'rib. Dari `ya'rib menurunkan suku besar Kahlan dan Himyar. termasuk dalam suku Kahlan antara lain Thaii, Hamdan, Madzhij, Amilah, Judzam, Azed. Sedangkan yang termasuk suku Himyar antara lain, Qudla'ah, Tanukh, Kalb, Juhainah dan Udzrah. Arab Musta'ribah, Arab Adnaniyah akhirnya bercabang menjadi dua suku besar yaitu Kabiah dan Mudlar. Dari Kabiah muncul kabilah Asad yang menempati utara lembah Rimmah dan kabilah Wail yang bercabang menjadi suku Bakr dan Taghlab. Adapun dari Mudlor bercabang menjadi kabilah Qais Ailan yang menurunkan marga Hawazin dan Sulaiman; kabilah Tamim, kabilah Hudzail menempati pegunungan dekat Mekkah, dan kabilah Kinanah dimana suku Quraisy datang darinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar