Rabu, 24 November 2010

Pengertian Dakwah

Pengertian Dakwah
Perkataan dakwah berasal dari bahasa Arab do’a, artinya memanggil/menyeru, mengajak/mengundang. Jika diubah menjadi dakwatun, maka maknanya akan berubah menjadi seruan, panggilan/undangan.
Menurut Prof. Thoha Yahya Oemar, MA. (1982), dakwah menurut Islam adalah: “Mengajak manusia dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar sesuai dengan perintah Tuhan untuk kemaslahatan dan kebehagiaan mereka di dunia dan di akhirat”.
Menurut H. A. Malik Ahmad (1986), Dakwah adalah segala usaha dan sikap yang bersifat menumbuhkan keinginan dan kecintaan mematuhi Allah sampai tercipta masyarakat besar yang mematuhi Allah dan mematuhi bimbingan Rasulullah.
Jadi, dapat diambil kesimpulan dakwah adalah sebagai suatu kegiatan ajakan dan seruan baik dalam bentuk lisan, tulisan, tingkah laku yang dilaksanakan secara sadar dan berencana dalam usaha mempengaruhi orang lain baik secara individual maupun kelompok agar timbul dalam dirinya suatu kesadaran internal dan sikap serta penghayatan dalam pengamalan ajaran agama dengan penuh pengertian tanpa paksanaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar