Jumat, 05 November 2010

Upaya-upaya penanggulangan kenakalan remaja

Nama : Ansur
Upaya-upaya penanggulangan kenakalan remaja
Adapun salah satu jalan untuk menyelamatkan remaja dari kenakalan dan kemerosotan moral adalah perhatian dan kasih sayang yang diberikan keluarga itu sangat di perlukan sekali dalam menanggulangi kenakalan remaja serta melakukan pembinaan keagamaan perlu dalam lingkungan keluarga. Langkah awalnya adalah perbaikan dan peningkatan perhatian orang tua terhadap pendidikan agama yang berpedoman pada petunjuk – petunjuk yang diajarkan oleh agama, serta diolah dan dikembangkan secara meluas dalam masyarakat sehingga betul-betul dapat tercipta remaja yang mental dan jiwanya, dalam arti sesungguhnya sesuai dengan ajaran Islam.
Kemudian salah satu upaya juga untuk menyelamatkan dan menghindarkan remaja dari kenakalan yaitu pengenalan dan pendekatan terhadap remaja dengan cara memberikan bimbingan-bimbingan, nasehat-nasehat yang dapat berkenan dihati remaja. Adapun bentuk dari pendekatan terhadap remaja dalam menanggulangi kenakalan yaitu perlunya kasih sayang dan perhatian dari orang tua menjadi langkah awal untuk mengubah remaja yang moralnya mengalami kemerosotan akan menjadi baik. Pengenalan dan pendekatan terhadap remaja dengan jalan memahami serta memberikan perhatian para orang tua kepada anak itu perlu sekali. Orang tua harus paham segala sesuatu keperluan anak baik itu kasih sayang ataupun perhatian. Apabila anak melakukan kesalahan berikan nasehat – nasehat yang baik dan diarahkan agar jadi benar, jangan langsung memberikan tindakan kekerasan. Karena kadang kala perbuatan keriminal yang dilakukan hanylah salah satu cara untuk menarik perhatian atau yang sering juga terjadi karena kebutuhan akan mengeluarkan protes dan ketidak setujuan terhadap tingkah laku orang-orang dewasa ysng tidak adil dimata meraka.
Sehingga dalam penanggulangan kenakalan remaja maka orang tualah yang paling tinggi perannya, akan tetapi bukan berarti orang tua itu bertindak semaunya saja, tugas orang tua tidaklah untuk memaksa anak menjadi orang dewasa dengan  model tertentu dengan alasan apapun, orang tua tidak lah berhak memaksakan kehedak kepada anaknya. Orang tua hanya berhak memberi saran dan alternative sebijak mungkin, seluruhnya anaklah yang memutuskan pilihannya secara sadar dan bertanggung jawab.
Disampinmg itu juga bahwa orang tua haruslah pandai-pandai melihat situasi si anak sehingga dalam pemberian nasehat dan arahan tersebut tidak merugikan bagi anak itu sendiri yang nantinya kalau seperti itu akan memeprparah situasi. Orang tua yang mampu berdialog dengan reamaja dan memperhatikan idealisme serta impian mereka adalah orang tua yang paling mungkin menetraslisir, pengaruh jahat kebebasan remaja, karena banyak fakta menunjukkan bahwa remaja yang merasakan dirinya kurang beruntung akhirnya menjadi anak-anak nakal, karena itu orang tua hendaknya tidak menghancurkan impian meraka.
Adapun upaya penanggulangan terhadap kenakalan remaja untuk sementara Cuma berupa solusi yang difokuskan kepada pembinaan moral ataupun akhlak kepada remaja yang dilakukan oleh orang tua dan upaya lainnya Sebenarnya upaya untuk menanggulangi kenakalan remaja dapat berupa melalui rumah tangga dan dilakukan sejak kecil sesuai dengan umurnya karena setiap anak yang dilahirkan belum mengerti mana yang benar dan mana yang salah, juga belum mengerti mana batas-batas ketentuan moral dalam lingkungannya. Karena itu pembinaan moral pada permulaannya dilakukan dirumah tangga dengan bimbingan-bimbingan, latihan-latihan, serta nasehat-nasehat yang dipandang baik. Dan dalam menjalankan pembinaan moral harus dimulai dari orang tua baik perlakuan, perbuatan serta pelayanannya kepada remaja, orang tua harus memperlihatkan contoh teladan yang baik yaitu dengan cara melaksanakan ajaran agama dan sebagainya yang merupakan hal-hal yang mengarah kepada perbuatan positif karena apa yang diperoleh dalam rumah tangganya akan dibawa kelingkungan masyarakat. Oleh karena itu pembinaan moral dalam keluarga penting sekali bagi remaja untuk menyelamatkan mereka dari kenakalan dan merupakan cara untuk mempersiapkan hari depan generasi yang akan datang, sebab kesalahan dalam pembinaan moral akan berakibat negatif terhadap remaja itu sendiri.
 COBA JUGA:
- Penanggulangan kenakalan remaja merupakan tanggung jawab berbagai pihak yakni pada remaja itu sendiri, orang tua dan seluruh komponen masyarakat bersama pemerintah. Demikian hal ini disampaikan oleh Staf Ahli Walikota, Drs Sukirno MM dalam pembukaan Forum Komunikasi Penanggulangan Remaja di Aula SMA 8 Yogyakarta, Rabu (16/12) “ READ MORE....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar